Kamis, 29 Desember 2011

Me and Photoshop (5) - TYPOGRAPHIC POSTER



Beberapa hari yang lalu saya mencari tutorial photoshop tentang poster design dan menemukan Trendy Typographic Poster Design yang menarik hati saya dan sayapun mencobanya. Walaupun berbahasa inggris, saya mencoba memahaminya step by step. Disini saya akan mencoba membuat tutorialnya dan kini berbahasa indonesia jadi akan lebih mudah dimengerti. Cukup gampang namun hasilnya cukup menarik. It is fantastic!

Step 1

Cari dan temukan gambar yang akan menjadi background designnya. Subjek dari gambar tidaklah penting asalkan gambar tersebut mempunyai kontras dan cahaya yang cukup sebagai smoothing yang cukup bagus. Pada kasus ini saya mengambil photo pemandangan dengan dominasi biru dan cahaya yang cukup.



Step 2

Go to Filter > Blur > Gaussian Blur.



Step 3

Setting menjadi kurang lebih 124 untuk mendapatkan blur yang sempurna untuk poster ini.



Step 4

Dapatkan gambar dengan teksture untuk mendapatkan effect yang alami, kali ini saya menggunakan gambar dibawah ini, kalian dapat mendapatkannya pula di Bittbox.com



Step 5

Drag gambar teksture kalian menuju gambar yang telah kalian blurkan tadi. Resize gambar sehingga seukuran dengan gambar yang pertama.



Step 6

Setelah kalian gabungkan maka rubah Blending Mode gambar teksture tersebut menuju Soft light dan atur opacitynya sesuai dengan selera dan keinginan kalian.



Maka hasilnya akan seperti ini



Step 7

Dengan Type Tool, masukan kata-kata yang akan kalian pakai. Disini saya menggunakan nama saya sendiri (IMAN), warna font hitam dan menggunakan font ARIAL. Masukan kata-katanya sesuai selera kalian dan putar 45 derajat. Saat merotasi atau memutarnya, tahan SHIFT untuk mendapatkan hasil yang akurat 45 derajat. Setelah itu rubahlah Layers tulisan kalian dengan Multiply dan kurangi Opacity hingga 50%.





Step 8

Copy layer kata-kata kalian dan susunlah, letak dan ukuran kata-katanya tergantung pada kreativitas kalian. Dibawah ini contoh pola dan peletakan kata-kata yang saya susun sesuai dengan kreativitas dan kemauan saya.





Step 9

Penuhi background dengan kata-kata yang kalian inginkan dan berkreasilah dengannya untuk membuat Trendy Typographic Poster Design sesuai dengan selera dan kreatifitas kalian. Setelah jadi maka rotasi gambar sesuka kalian dan dapatkan view yang pas dengan kalian. Selamat mencoba. Semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat untuk kalian yang ingin belajar tentang poster design dan lain-lain.


1 komentar:

Iman Trianto mengatakan...

Thanks a lot but i'm learning from the other website too but i'm trying to translate it into indonesian language and make the tutorial will be easy to understand by our people. Thanks a lot again.

Posting Komentar