Sabtu, 24 Desember 2011

Optimalkan E-mail (Menyimpan Berkas Dengan Aman)

Beberapa hari yang lalu, terjadi suatu kecelakaan yang sedikit membuatku "kebakaran jenggot". Bagaimana tidak, FDku yang berisikan file-file penting dengan rencana bisnis yang akan aku jalankan ada di dalam FD tersebut. Semuanya dengan sekejap semuanya berubah menjadi FILExxxx.CHK dan semuanya tidak dapat dibuka. Hal ini diakibatkan terjadinya kerusakan / error (bad sector) pada Flash Disk kita, sehingga Windows dengan sengaja mengganti File-File saya menjadi File berekstensi CHK. Tujuannya mungkin agar sector yang error tersebut tidak digunakan kembali.

Berikut bukti file-file saya yang terkena virus dan berubah menjadi .CHK


Segala usaha telah saya lakukan untuk menyelamatkan semua file-file penting yang ada di FD tapi apa daya, tetap tidak bisa. Mulai dari UnCHK dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Akhirnya untuk sementara waktu saya mencoba mengetik file-file yang penting dan salah satunya adalah CV saya. Dan untuk mengamankannya saya terinspirasi dari ide teman saya yaitu kita membuat 2 email, yang dimana email yang satunya berfungsi untuk menyimpan file-file penting kita dan kita dapat mendownloadnya sewaktu-waktu saat kita membutuhkannya.




Berikut ini gambar-gambar yang mungkin bisa menjelaskan bagaimana memanfaatkan e-mail untuk menyimpan file dan bisa kita download sewaktu-waktu. Sebenarnya ada 4shared atau mediafire yang dapat digunakan namun menurut saya hal ini jauh lebih mudah.

Step 1

Sebelumnya saya telah membuat 2 email yaitu imantrianto@gmail.com dan imantrianto2@gmail.com . E-mail yang kedua inilah yang aku gunakan untuk menyimpan file yang bersangkutan.




Step 2

Pilih file yang akan dikirim dan tujuannya kepada email kita yang kedua dan disini saya membuat imantrianto2@gmail.com untuk menyimpan file-file penting saya.



Step 3

Disini saya bertujuan mengirim CV saya karena ini adalah salah satu file yang penting karena untuk membuatnya saya harus membuka sertifikat dan berkas-berkas yang sangat banyak.



Step 4

Dan kirim berkas atau file tersebut.



For the result :
Nah dengan tersimpannya file atau berkas penting kita ke email maka file ini akan terhindar dari virus. Terlebih-lebih ketika kita kehilangan FD, maka file-file penting kita ini tidak akan hilang. Yang terpenting adalah setiap ada pembaharuan, kita langsung update berkas kita. Tips ini juga akan berguna bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan proyek seperti skripsi, tesis, tugas akhir, karya tulis dan lain-lain.
Learn from my experience reader.

0 komentar:

Posting Komentar